Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

94 views

Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

Selamat pagi sahabat pengunjung blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi, ini merupakan postingan tambahan untuk dipagi hari ini yaitu Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor, karena awal dari perkulihan saya mengenai mata kuliah mikroprosesor jadi saya ambil keyword nya Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor. Semoga tulisan saya ini bermanfaat buat sahabat dimanapun berada.

Mikroprosesor

Mikro prosesor adalah sebuah IC ( Integrated Circuit ) yang digunakan sebagai otak atau pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Mikroprosesor merupakan hasil pertumbuhan dari semikonduktor. Prosesor adalah chip yang sering disebut yaitu microprosessor yang sekarang berbagai variasi atau sudah hingga gigahertz/Ghz. Ukuran demikian merupakan hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar hingga sekarang adalah AMD, APPLE, CYRIX, VIA, IBM, IDT dan INTEL.

Prosesor pertama sekali dikenalkan pada tahun 1971 oleh intel corp merupakan intel prosesor intel 4004 yang mempunyai arsitektur 4Bit dengan tambahan peripheral memori, piranti I/O dan sebagainya. Kemudian intel 4004 diubah menjadi komputer mini oleh inte. Kemudian prosesor dikembangkan lagi menjadi 8080 berarsitektur 8bit, 8085 terus 8086 dengan arsitektur 16Bit.

Mikroprosesor 4004

Intel meluncurkan pertama kali di dunia dengan 4Bit 4004 yang didesain oleh Federico Faggin. Microprocessor 4004 diawali tahun 1971 yang mana intel mengeluarkan prosesor pertamanya yang dipakai pada mesin penghitung buscom. Ini adalah penemuan mulai memasukkan system cerdas kedalam mesin.

mikroprosesor Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

mirkoproseser+1 Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

Mikroprosesor 4004 mempunya 2.250 transistor PMOS, menangani data 4Bit dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi perdetik. Mikroprosesor 4004 ini adalah salah satu dari IC seri untuk komponen kalkulator tersebut yaitu mikroprosesor 4001. Memori ROOM 2.048 Bit, 4002 Memori RAM.

Mikroprosesor 8008

Pada tahun 1972 intel kembali mengeluarkan microprocessor 8008 dengen kecepatan hitung dua kali lipat mikroprosesor sebelumnya. Mikroprosesor ini adalah microprocessor 8 Bit. Mikroprosesor ini didesain untuk mengerjakan satu pekerjaan saja. Bill Gutes dan Paul Allen mencoba mengembangkan bahasa pemograman untuk chip ini, namun masih kurang kuat.

mikroprosesor+5 Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

mikroprosesor+8008 Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

Mikroprosesor 8080

Pada tahun 1974 intel kembali mengeluarkan Mikroprosesor terbaru dengan seri 8080, dengan 4.500 transistor yang memiliki kinerja 10 kali pendahulunya. Pada seri ini intel melakukan perubahan dari Mikroprosesor multivoltage menjadi triple voltage, teknologi yang di pakai NMOS, lebih cepat dari seri sebelumnya yang memakai teknologi PMOS. Mikroprosesor ini adalah otak pertama bagi komputer yang bernama altair. Pada saat ini pengalamatan memory sudah sampai 64 kilobyte. Kecepatanya sampai 10X mp sebelumnya.


mikroprosesor+8080 Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

Tahun ini juga muncul Mp dari produsen lain seperti MC6800 dari Motorola -1974, Z80 dari Zilog -1976 (merupakan dua rival berat), dan prosessor2 lain seri 6500 buatan MOST, Rockwell, Hyundai, WDC, NCR dst.

1 Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

1975: Chip 8080 menemukan aplikasi PC pertamanya pada Altair 8800, sekaligus merevolusi PC. Gates dan Allen sukses mengembangkan bahasa dasar Altair, yang kemudian menjadi Microsoft Basic, untuk 8080.

2 Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor

Selengkapnya silahkan baca referensi berikut http://adf.ly/VOOxH

Baik sahabat itu lah postingan tambahan dipagi hari ini tentang Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor, semoga memberikan manfaat kepada sahabat semuanya. Jika ada yang kurang paham silahkan berkomentar dibawah ini dan like fanspage facebook Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini.

. Atau Bisa Baca Disini

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Sejarah Dan Pengertian Mikroprosesor