Inilah 5 Negara Terdingin di Dunia

1100 views

5 Negara Terdingin di Dunia – Meskipun tak ada tempat di planet bumi yang lebih dingin daripada Antartika, namun ada beberapa negara di dunia yang dinyatakan sebagai negara terdingin di bumi.

Beberapa negara-negara dingin berada di atas lingkar kutub utara. Garis-garis lintang itulah yang kemudian turut serta mempengaruhi suhu rata-rata negara sehingga membuat negara menjadi dingin seperti dilansir Top5.com

Inilah lima negara terdingin di dunia. Apakah Indonesia juga termasuk di dalamnya? Let’s check it out.

1. Rusia
 

salju1_peoplecom

Musim dingin di Rusia berjalan lebih lama ketimbang musim panasnya. Salju dan hujan turun dalam bentangan tanah yang luas setidaknya selama delapan bulan dalam setahun.

Tercatat di timur laut Siberia, Rusia menjadi negara terdingin di dunia. Inilah sebabnya Anda kerap menemukan orang Rusia yang selalu mengenakan mantel serta topi bulu saat bepergian ke mana-mana. Busana itulah yang membantu menghangatkan tubuh dan menjaga temperatur tubuh agar tetap hangat.

2. Kanada
 

salju2_bbc

Kanada digambarkan seperti sebuah zona pertempuran antara udara dingin dari daerah Kutub Utara dan hangat serta lembabnya udara dari selatan.

Dari perbatasan selatan, wilayah Kanada ini membentang secara paralel, sehingga menyebabkan negaranya menjadi negara yang dingin dan kerap diselimuti salju. Kanada adalah negara terdua terdingin di dunia setelah Rusia.

3. Mongolia
 

salju3_xinhuanet

Meskipun Mongolia berada jauh di bawah lingkar kutub utara, namun Mongolia terletak 4.900 meter di atas permukaan laut. Iklim gurun gersang membawa musim panas sekaligus musim dingin.

Mongolia ibarat Alaska kecil yang terjebak di antara Rusia dan China. Musim dingin Mongolia, berawal di bulan November dan berakhir hingga akhir April.

4. Finlandia
 

salju4_mummylittlemonkey

Suhu terdingin yang pernah tercatat di Finlandia -33 derajat Celcius. Finlandia menjadi negara terdingin di dunia yang lokasinya diapit Rusia, Swedia dan Norwegia.

Meskipun ada musim panas di Finlandia, namun es terukur terjadi sekitar 137 hari setiap tahunnya.
5. Islandia
 
salju5_islandiafriko

Luas Islandia sekitar 40 ribu mil persegi. Negara ini punya keunikan di mana ia bisa menjadi negara yang sangat hangat akibat aliran Gulf Stream. Namun, apabila ada bentrokan antara air Gulf Stream dan udara Arktik, maka seketika cuaca menjadi tidak terduga. Musim dingin suhu rata-rata menciptakan titik beku dan membuat Islandia menjadi negara kelima terdingin di dunia.