Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash

734 views

Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash – Postingan Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Update TeknoPengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi kembali masalah Materi Organisasi dan Arsitektur Komputer yang mungkin anda dapatkan dibangku kuliah Teknik Informatika. nah pada sebelumnya juga saya pernah memberikan artikel Pengertian Program Delphi yang mungkin dapat anda baca juga nantinya.

Pada Materi Memory Eksternal dan Internal kita harus mengenal komponen dan cara kerja masing-masing bagian Memory, walaupun semuanya berjenis sama tetapi dari segi Sistem, Cara Kerja, dan Kegunannya tentu berbeda. maka dari itu buat anda yang ingin mendalaminya harus mengenal Bagian Komponen masing-masing memory. berikut akan admin berikan langsung Materi Seputar Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash yang dapat anda jadikan Referensi untuk belajar.

Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash
Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash

Mask ROM merupakan sebuah tipe ROM, atau Read-Only Memory yang ditutupi lapisan (masked off) selama masa produksi. “Mask” sendiri mengacu pada bagian sebuah integrated circuit, sebuah sirkuit elektronik untuk mengolah data yang ditutup dengan pelat buram (opaque) bernama photomask. Pelat ini terdiri dari lubang, atau transparansi, untuk memungkinkan cahaya masuk pada bagian tertentu sementara menahan cahaya pada bagian yang lain untuk membuat pola-pola tertentu. Mask terdiri dari suatu proses yang disebut dengan photolithography, dan terutama berfungsi semacam perlindungan kekayaan intelektual dan keperluan produksi produsen integrated circuit.
Seperti tipe ROM lainnya, mask ROM tidak memungkinkan pengguna untuk mengubah data yang disimpan di dalamnya. Namun jika dapat melakukannya, prosesnya akan sulit atau lambat. Oleh karena itu, ROM didistribusikan terutama sebagai tempat penyimpanan firmwire, atau untuk menuliskan kode instruksi secara permanen. Secara lebih spesifik, mask ROM di subkategorikan sebagai memori semikonduktor (semiconductor memory).
Beberapa orang menggunakan mask ROM untuk menyimpan kode final pada project yang mereka kerjakan. Ketika project dikembangkan, maka data dapat disimpan menggunakan non-volatile memory. Tipe memori komputer ini dapat menyimpan data meski tidak terdapat sumber listrik (power source).

PROM (Programmable Read Only Memory) merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM seterusnya. Berbeda halnya dengan RAM, pada PROM data akan tetap ada walaupun komputer dimatikan.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah jenis khusus PROM yang dapat dihapus dengan bantuan sinar ultra violet. Setelah dihapus, EPROM dapat diprogram lagi. EEPROM hampir sama dengan EPROM, hanya saja untuk menghapus datanya memerlukan arus listrik.(dna)

EEPROM merupakan kependekan dari Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory. EEPROM adalah tipe khusus dari PROM (Programmable Read-Only Memory ) yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris. Seperti juga tipe PROM lainnya, EEPROM dapat menyimpan isi datanya, bahkan saat listrik sudah dimatikan.

EEPROM sangat mirip dengan flash memory yang disebut juga flash EEPROM. Perbedaan mendasar antara flash memory dan EEPROM adalah penulisan dan penghapusan EEPROM dilakukan dilakukan pada data sebesar satu byte, sedangkan pada flash memory penghapusan dan penulisan data ini dilakukan pada data sebesar satu block. Oleh karena itu flash memory lebih cepat.

Memori Flash (flash memory) adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

 Demikian informasi terbaru seputar  Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash, semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat anda semuanya.

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Pengertian Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Memory Flash