Pengertian Modem Dan Jenis-jenis Modem

732 views

Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pengertian Modem Dan Jenis-jenis Modem, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Pengertian Modem Dan Jenis-jenis Modem

Selamat siang sahabat semuanya blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi kembali lagi menulis dan update blog dengan judul postingan mengenai Pengertian Modem Dan Jenis-jenis Modem. Sahabat jika menggunakan internet pasti menggunakan modem karena tanpa adanya modem internet tidak akan tersambung ke jaringan internetnya. Jadi kali ini kita akan bahas mengenai Pengertian Modem ini.

Pengertian Modem adalah merupakan singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melaakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa aga dapat dikirim ke pengguna melalu media tertentu, proses ini dikatakan dengan proses modulasi. Pada proses ini dari komputer berbentuk sinyal digital dan akan diubah menjadi sinyal analog sedangkan Demodulator merupakan sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim.pada proses ini data dipisahkan  antara frekuensi tinggi dengan data analog  yang diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer data tersebut. Jadi fungsi modem adalah untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan merubah kembali sinyal analog menjadi sinyal digital. Dan juga fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi  untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.

Jenis-jenis Modem

  • Modem internal merupakan sebuah kartu yang dipasang pada slot motherboard. Keuntungannya adalah pemasangannya mudah dan harga lebih murah.
  • Modem eksternal merupakan modem yang dipasang diluar komputer seperti modem USB yang ditancapkan pada slot USB.
  • Modem yang menggunakan kabel yaitu modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya  contoh TV kabel dan jaringan telepon.
  • Modem tanpa kabel merupakan media yang tanpa menggunakan kabel sebagai alat perantaranya pada jaringan internet seperti modem USB GSM dan CDMA dan sejenisnya.

Baik sahabat itulah dari penjelasan mengenai Pengertian Modem dan Jenis-jenis Modem. Semoga memberikan ilmu yang bermanfaat dan mohon untuk like halaman blog Ilmu pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini dan tinggalkan juga komentarnya yang relevan atau sesuai dengan isi postingan iniya sahabat.

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Pengertian Modem Dan Jenis-jenis Modem