Pengertian Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer

721 views

Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pengertian Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Pengertian Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer

Selamat siang sahabat semuanya kembali blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi kembali update postingan blog dengan judul Pengertian Organisasi  Komputer Dan Arsitektur Komputer. Pengertian Organisasi Komputer merupakan pembelajaran untuk fakultas ilmu komputer.

Pengertian Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek operasionalnya adalah teknologi hardware, perangkat antar muka atau interface, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.

Pengertian Arsitektur Komputer adalah lebih cendrung dikategorikan pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contoh : set instruksi, aritmatika yang digunakan teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Bagian Utama Pada Sistem Komputer

  • CPU (Control Prosessing Unit) merupakan bagian fungsional yang utama pada sebuah sistem komputer, serta dapat dikatakan CPU merupakan otak dari komputer. Fungsi dari CPU adalah (1) membaca, mengkodekan dan mengeksekusikan  instruksi program.(2) mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian I/O. (3) merespon insterupsi dari luar. Menyediakan clock dan sinyal kontrol ke sistem.
  • Memori adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.
  • RAM (Random Access Memory) adalah memori  yang dapat dibaca atau di tulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila daya listrik di putuskan.
  • ROM (Read Only Memory) adalah memori yang dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile artinya data tidak akan terhapus bila komputer tersebut dimatikan karena ROM dipergunakan untuk menyimpan data.
  • Perantara Input Output atau I/O untuk menghubungkan piranti luar pada sistem komputer dan membutuhkan perantara I/O. Perangkat I/O sebagai  jembatan penghubung  antara mikrokomputer dengan piranti luar system dapat menerima data dari mikrokomputer dan dapat juga memberi data ke mikrokomputer.

Jadi organisasi komputer ini lebih cendrung mempelajari mengenai perangkat keras yang telah dijelaskan diatas.

Baik sahabat itu sedikit penjelasan mengenai Pengertian Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer, semoga memberikan manfaat buat sahabat pengunjung semuanya dan jangan lupa like fanspage facebook blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini ya sahabat serta tinggalkan komentarnya untuk halaman ini yang relevan antara konten dan komentarnya.

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Pengertian Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer