Pengertian Sistem Operasi

674 views

Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pengertian Sistem Operasi, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Pengertian Sistem Operasi

Selamat siang sahabat semuanya kembali kali ini blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini akan membahas mengenai Pengertian Sistem Operasi. Sistem operasi merupakan software pendukung dari sebuah komputer, tanpa sistem operasi maka komputer tidak akan berguna sama sekali karena sistem operasi untuk menampilkanhasil dari kerjanya komputer itu sendiri. Tapi selain dari sistem operasi maka dibutuhkan juga software aplikasi dan penggunanya.

Pengertian Sistem Operasi adalah berdasarkan bahasa inggris Operating system atau OS. Adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan akan menyediakan layanan umum untuk aplikasi lainnya atau perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalama sistem komputer. Jadi komputer tanpa sistem operasi pengguna pasti tidak bisa menjalankan komputer tersebut kecuali program booting.

Contoh sistem operasi adalah Linux, Android,iOS, Mac OS dan Microsoft Windows. Jadi sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi dasar sistem termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program pengolah kata dan pembuatan website.

Secara umum Pengertian Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer itu dinyalakan atau booting dan software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan dengan normal. Sistem operasi akan melakukan layanan untuk software yang telah terinstal di komputer contoh layanan nya yaitu akses ke herdisk, manajemen memori, penjadwalan tugas, schedule task, dan antar muka user GUI/CLI.

Jika sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan  maka Pengertian Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem operasi melakukan semua tugas paling penting didalam komputer dan bisa menjalankan aplikasi lain secara bersamaan dengan lancar dan sistem operasi menjamin menjalankan memori dan melakukan input dan output terhadap peralatan luarnya dan mempunyai akses pada berkas yang ada.

Sistem operasi secara umum mempunyai beberapa bagian :

  • Mekanis me boot yaitu meletakkan kernel ke dalam memory.
  • Kernel adalah inti dari sebuah sistem operasi.
  • Command interpreter atau shell yang bertugas membaca input dari pengguna.
  • Pustaka-pusta yaitu yang menyediakan sekumpulan fungsi dasar dan menyediakan kumpulan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  • Cirver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal sekaligus untuk mengontrolnya.

Baik sahabat sekian dahulu pembahasan mengenai Pengertian Sistem Operasi ini semoga memberikan manfaat selalu buat sahabat pengunjung. Jangan lupa like fanspage facebook Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ya dan tinggalkan komentarnya dihalaman blog ini dengan relevan atau sesuai dengan isi postingan yang bersangkutan dan  baca-baca juga artikel lainnya di blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini.

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Pengertian Sistem Operasi