Perbedaan IP Public Dengan IP Privat

582 views

Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Perbedaan IP Public Dengan IP Privat, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Perbedaan IP Public Dengan IP Privat

Selamat datang kembali sahabat di halaman blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini dengan judul Perbedaan IP Public Dengan IP Privat. Silahkan pahami dan baca dengan baik mengenai Perbedaan IP Public Dengan IP Privat.

  • IP Public merupakan sebuah alamat ip public yang ditugaskan untuk setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet yang mana setiap ip adalah sangat unik. Jadi jika ada dua ip yang sama maka tidak akan bisa terkoneksi ke internet. Sebuah alamat ip public bisa berupa statis atau dinamis. Sebuah alamat ip statis maka tidak akan bisa berubah dan digunakan untuk hosting halaman web atau layanan internet. Dan ip public dinamis dipilih secara otomatis pada alamat yang disediakan dan akan berubah-ubah bila terjadi koneksi ke internet dan jika diputuskan lagi dan sambungkan lagi maka ip akan berubah lagi dengan ip yang tersedia. Sebagian besar pengguna internet hanya memiliki ip dinamis yang bertugas untuk  setiap komputer.
  • IP Privat merupakan sebuah alamat ip address pribadi jika nomor ip termasuk dalam salah satu rentang alamat ip untuk jaringan pribadi seperti LAN atau local area network. Internet assigned numbers authority  atau IANA telah mereservd  beberapa blok berikut pada jaringan privat.
Kelas A : 10.0.0.0-10.225.255.255
Kelas B : 172.16.0.0-172.31.255.255
Kelas C : 192.168.0.0-192.168.255.255
Kelas D : 224.0.0.0-255.255.255
Kelas E : 24.0.0.0-255.255.255

Alamat ip address privat atau pribadi biasanya digunakan untuk sekolah, rumah dan LAN bisnis dibandara serta hotel supaya bisa saling terkoneksi ke internet antara komputer satu dengan komputer lainnya.misalnya ada 5 komputer yang akan di koneksikan maka konfigurasi  ip address privat ini adalh 192.168.0.2 hingga 192.168.0.5 kenapa demikian? Karena 192.168.0.1 adalah ip server dan untuk komputer 2 harus dibuat ip address 192.168.0.2 karena pada komputer nomor dua dan begitu juga dengan komputer lainnya. Berbeda dengan ip public yang hanya otomatis mendapat ip yang tersedia pada layanan internetnya. Ip privat ini tidak langsung tersambung ke jaringan internet tetapi harus melewati NAT terlebih dahulu supaya IP public dan ip privat terhubung baik melalui hub, swithc, router dan sebagainya untuk terminal jaringan tersebut. NAT ini berfungsi untuk mentranslate jaringan ip public ke ip privat yang istilah dari NAT adalah network address translation. Ip privat dipergunakan untuk komunikasi melalui jaringan internet biasanya menggunakan modem speedy dengan koneksi modem ADSL yang memiliki ip public.

Sekian dahulu ya sahabat pembahasan mengenai Perbedaan IP Public Dengan IP Privat semoga membantu sahabat dalam tugas sekolah ataupun tugas kuliahnya. Jangan lupa like fanspage facebook Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini ya sahabat jika ada yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentarnya dibawah ini sesuai dengan judul postingan halaman Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini.

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Perbedaan IP Public Dengan IP Privat