Resep Cara Membuat Bakso Yang Empuk, Lembut dan Enak

908 views

Resep Cara Membuat Bakso Yang Empuk, Lembut dan Enak – Postingan Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Resep Cara Membuat Bakso Yang Empuk, Lembut dan Enak, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Resep cara membuat bakso dari daging sapi – bakso memang merupakan jajanan dan makanan yang memiliki banyak penikmat di Indonesia, Bakso yang memiliki cita rasa yang menggoda selera memang sangat cocok dimakan kapanpun, di manapun, dalam dalam konsisi bagaimanapun. Apalagi ketika hujan, dan malam yang dingin, menyantap bakso bersama keluarga akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.
Namun, sayangnya kepopuleran bakso banyak di coreng oleh penjual-penjual nakal, yang biasanya menggunakan bahan-bahan kimia seperti borax, maupun menambahkan bahan makanan yang tak layak konsumsi seperti daging babi, ataupun tikus. Sehingga memaksa masyarakat harus benar-benar waspada dalam membeli semangkuk bakso.
Namun jangan khawatir, jika anda takut akan bakso yang tidak sehat, bukankah lebih baik kita mencoba membuat bakso sendiri, tentunya akan lebih menghemat biaya dan kesehatannya terjamin, Nah! bagi sobat-sobat ie-usa.blogspot.com yang ingin membuat bakso sendiri yang enak, kali ini ie-usa akan memberikan resep cara membuat bakso yang empuk dan dijamin enak! yuk simak!
Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuh dalam membuat bakso :
  • 1 kg daging sapi giling
  • 1 ons tepung kanji
  • 6 siung bawang putih
  • 1 senduk makan garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • penyedap rasa secukupnya
Jika Bahan-bahannya sudah siap, yuk lanjut ke step berikutnya, yakni langkah-langkah membuat bakso, pastikan caranya benar-benar urut yah!.
  1. Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.
  2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terllau besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Nah disini saya yakin anda bisa untuk membuat bulatan bakso.
  5. Masukkan bulatan bakso yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
  6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.
Jika baksonya sudah siap, maka kita tinggal membuat kuahnya saja! kuah bakso juga menjadi salah satu elemen penting dalam masakan ini, so simak baik-baik yah!

Bahan pembuatan kuah bakso :

  • Air 2 ltr.
  • Lutut sapi / tulang sapi 600 g.
  • Daun bawang 2 batang, iris

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

  • Bawang putih 6 siung.
  • Merica ½ sdt.
  • Garam secukupnya

Cara membuat kuah bakso :

  1. Rebus sebentar tulang sapi, lalu angkat. Ganti air rebusan dengan yang baru, masukkan kembali tulang sapi, tambahkan bumbu.
  2. Masak kembali hingga mendidih dan kaldu tulang bercampur dengan air kuah, tambahkan daun bawang.
Jika kuah dan bakso sudah siap, maka bakso sudah siap disajikan dengan tambahan mie putih/kuning, tambahkan juga potongan daun seledri, krupuk pangsit jika ada, dan dapat anda tambahkan komposisi sesuai dengan selera keluarga anda! selamat mencoba dan semoga postingan tentang resep cara membuat bakso ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk share tulisan ini yah 😉

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Resep Cara Membuat Bakso Yang Empuk, Lembut dan Enak