Sejarah Jaringan Komputer

807 views

Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Sejarah Jaringan Komputer, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Sejarah Jaringan Komputer

Selamat bertemu lagi sahabat semuanya kali ini saya akan membahas mengenai Sejarah Jaringan Komputer. Sahabat pernahkan melihat terhubungnya banyak komputer baik itu di warnet atau di labor sekolah dan kampus yang disambungkan dengan kabel LAN atau Nirkabel istilah lainnya WIFI.

Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer tahun 1940 di Amerika Serikat yang digagas oleh proyek Model I dilaboratorium Bell dan grup riste Universitas Harvard di pimpin oleh Profesor Howard Aiken. Kemudian tahun 1950 berkembang komputer super komputer yang ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu Time Sharing System itu untuk pertama kalinya terbentuk jaringan komputer. Tahun 1969 terbentuklah komputer yang jaringan organik yang dikenal istilah ARPANET tahun 1970 untuk pembahasan lanjutanya silahkan baca disini tentang Pengertian Internet karena pembahasan ini berhubungan sekali dengan jaringan komputer. Dan tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menemukan Email  untuk ARPANET dan kemudian berkembang pesat keluar Amerika Serikat. Komputer paling pertama sekali di luar amerika yaitu University College Di london yang menjadi anggota ARPANET  tahun 1973. Pada tanggal 26 maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals And Radar Establishment di Malvern dan setahun kemudian telah terhubung seratus komputer yang tergabung dengan ARPANET yang membentuk jaringan atau network.

Tom Truscoot, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan grup baru  diberi nama USENET atau user network tahun 1979. Tahun 1981 France Telekom meluncurkan telepon televisi pertama yang mana orang-orang bisa saling nelpon berhubungan dengan video link. Tahun 1982 dibentuk sebuah transimisi control protokol atau lebih di kenal dengan internet protocol TCP/IP hingga saat ini. Dan dengan jaringan serupa maka muncul di eropa dengan istilah EUNET atau Europe Network yang meliputi wilayah inggris, belanda dan denmark serta swedia. EUNET menyediakan jasa surat elektronik dan news grup USENET.

Untuk menyeragamkan jaringan tersebut maka tahun 1984 diperkenalkan sistem penanaman domain dikenal dengan istilah DNS sehingga komputer terhubung lebih dari seribu komputer.dan pada tahun 1984 sepuluh kali lipat peningkatannya dari seribu komputer yang terhubung sebelumnya sehingga jaringan komputer terus berkembang hingga tahuj 1988, jarkko Oikarinen bangsa finlandia menemukan dan  memperkenalkan Internet Relay chat dengan istilah IRC yang bisa saling berkomunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya yang digunakan oleh user komputer itu sendiri.tahun 1990 tim Barner Lee merancang sebuah program penyunting dan penjelajah  komputer satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan, program inilah yang disebut dengan istilah Word Wide Web. Sehingga tahun 1992 lebih dari satu juta komputer terhubung setelah munculnya WWW tersebut. Tahun 1994 muncul situs-situs internet menjadi tiga ribu alamat halaman website untuk layanan perbelanjaan secara online di internet. Kemudian munculah software dan alamat yahoo mesengger dan netcape Navigator untuk mengirim chat dan email secara online.

Baik sahabat itulah sejarah  jaringan komputer, yang mana komputer sering kita gunakan pada saat sekarang ini dan sekarang bukan hanya komputer saja yang bisa melayani akses internet bahkan banyak gadget dan seluler yang bermunculan seperti IPAD, ANDROID dan SELULAR lainnya. Semoga dengan sejarah ini kita bisa berfikir positif untuk terus mengembangkan dan mempelajari Ilmu Komputer dan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi ini dan mari pergunakan sebaik dan sepositif mungkin jangan salah gunakan teknologi ini yang bisa membuat kehancuran moral dan budaya tapi mari kita filter mana yang baik dan mana yang buruknya. Terimakasih telah berkunjung dihalaman blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini dan jangan lupa like fanspage facebook dan tinggalkan komentarnya ya sahabat jiak sahabat punya akun google.

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Sejarah Jaringan Komputer