Sejarah Komputer

870 views

Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Sejarah Komputer, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Sejarah Komputer

Selamat siang sahabat semuanya hari ini postingan saya meluncur sejumalah 16 postingan hal ini saya lakukan karena terbatasnya layanan internet saat ini dikampung jadi harus di posting satu kali dalam seminggu. Kali ini saya akan membahas mengenai Sejarah Komputer  Kita sebagai pengguna komputer dari dulu hingga saat ini tentunya harus juga mengetahui bagaimana sejarah dari komputer itu sendiri.
Komputer di luncurkan beberapa generasi dari genrasi pertama hingga ke generasi kelima serta komputer saat sekarang ini.

Komputer Generasi Pertama

Generasi pertama pada saat perang dunia dunia yang mana semua negara-negara terlibat dalam perang tersebut yang berusaha terus mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki oleh komputer. Pada tahun 1941 konrad zuse seorang insinyur jerman membangun sebuah komputer Z3 untuk mendesain pesawat dan peluru kendali.

Pada pihak sekutu juga kemajuan lainnya dalam pengembangan kekuatan komputer sebagai pemecah kode rahasia yang dinamakan colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh jerman. Dampak dari pembuatan colossus tidak mempengaruhi perkembangan industri komputer sebab mempunyai dua alasan. Pertama, colossus bukanlah komputer sebaguna dia hanya di desain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin yang dibuat ini yaitu colossus dirahasiakan hingga perang  berakhir. Pada tahun 1900-1973 seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM dan berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator berukuran panjang setengah bolah kaki dan memiliki kabel sepanjang 500 mil.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Elecronic Numerical Integrator And Computer atau ENIAC. Yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah amerika serikat dan university of pennsylvania yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder komputer tersebut sangatlah besar sekali dengan mengkonsumsi daya listrik sebesar 160 Kw. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert tahun 1919-1995 dan john w mauchly tahun 1907-1980. ENIACA merupakan komputer serbaguna yang bekerja 1000 kali lipat lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan tahun 1940an, John von Neumann tahun 1903-1957 bergabung dengan tim university of pennsylvania dalam membangun konsep desain komputer hingga empat puluh tahun untuk dalam teknik komputer. Von nemuman mendesain electronic discreete variable automatic computer atau EDVAC pada tahun 1945 dengan menggunakan memori dengan menampung baik program ataupun data lainnya. Teknik ini komputer melakukan pekerjaanya dan berhenti sesaat kemudian lanjutkan pekerjaanya. Kunci utama von neumann yaitu unit pemrosesan sentral atau CPU yang memungkin seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Pada tahun 1951 UNIVAC I atau Universal automatic computer I dibuat oleh Remington Rand menjadi komputer komersial perrtama yang memanfaatkan model arsitektur von neuman tersebut.

Komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara sepisifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut dengan bahasa mesin. Ciri lain dari komputer generasi pertama yaitu pengunaan tube vakum yang membuat komputerpada masa tersebut  yang berukuran sangat besar sekali dan slinder  magnetik untuk penyimpanan data.

Baik sahabat kita cukupkan dahulu postingan mengenai Sejarah Komputer ini nanti kita sambung lagi dengan generasi selanjutnya karena keterbatasan sesuatu lain waktu kita lengkapi lagi hingga sejarah komputer generasi pertama hingga komputer generasi kelima nantinya. Terimakash telah berkunjung dihalaman ini semoga memberikan sedikit manfaat karena ada kekuranganya saya mohon maaf tapi saya akan tetap berusaha untuk melengkapinya nanti. Mohon like fanspage facebook saya dan tinggalkan komentarnya yang relevan atau sesuai isi postingan ya sahabat semuanya.

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Sejarah Komputer