Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

819 views

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa – Postingan Kali ini Blog idBeritaKu.com Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini

Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa – hai sobat ie-usa jumpa lagi dengan saya yang akan terus membagikan tips-tips menarik yang bisa sobat jadikan bahan wacana untuk mengatasi masalah sobat.
nah pada postingan hari ini yang juga masih dalam suasana bulan ramadhan, saya ingin membagikan sedikit tips mengenai cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa, saya yakin ketika kita sedang menjalani ibdah puasa kita sering mengalami masalah yang sama yakni masalah bau mulut.
Walaupun ada hadist yang menyebutkan bahwa bau mulut paling wangi bagi allah swt adalah bau mulut orang yang berpuasa, namun jika kita merupakan orang yang sibuk dan banyak bergaul/berkomunikasi dengan orang lain. tentunya kita tidak ingin kan kalau bau mulut kita mengganggu aktivitas kita tersebut.

nah, disini saya akan membagikan sedikit tips untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa, silahkan disimak.

1. Menggosok Gigi Setelah Buka dan Sahur
Sebenarnya untuk menghilangkan bau mulut, kita cukup menjaga kebersihan dan kesehatan mulut kita, yakni sama dengan kebiasaan sehari-hari yaitu menggosok gigi, namun ketika puasa, sebaiknya tidak menggosok gigi pada siang hari karena sangat rawan akan membatalkan puasa, nah oleh itu gosoklah gigi ketika selesai berbuka, dan selesai bersahur.
2. Konsumsi Yoghurt
Robert Meltzer, dokter spesialis aluran cerna dari New York, mengatakan kandungan prebiotik yang ada dalam yogurt ini, yang menyebabkan adanya khasiat yogurt untuk bau mulut. Yogurt memang tidak membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, gigi ataupun lidah, tetapi kandungan prebiotiknya mampu menetralisis asam yang terdapat antara mulut dan perut, termasuk dalam tenggorokan dan kerongkongan.

3. Konsumsi Makanan berserat
Untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Karena makanan berserat dapat memberi gerak pada rongga mulut sehingga gigi akan banyak mengunyah dan itu bisa mengurangi timbulnya bau mulut saat anda berpuasa.
4. Konsumsi Vitamin C
Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan atau sayur yang banyak mengandung vitamin C, karena Vitamin c dapat menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri dalam mulut, sehingga dengan kita mengkonsumsi vitamin C saat berpuasa dapat mengatasi masalah bau mulut saat berpuasa, dan ingat Vitamin c disini harus didapatkan dari buah, bukan suplemen karena jika dari suplemen malah akan menghasilkan bau mulut yang lebih parah.
5. Mengkonsumsi Keju
Keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

Selain 5 tips utama diatas, di bawah ini ada juga beberapa tips yang dapat sobat coba untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

  1. Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur,sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat.
  2. minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan mekan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Hal ini karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.
  3. Kurangi makanan yang banyak mengandung gula untuk mencegak pengeroposan pada gigi.Hindari pula makanan yang dapat menghasilkan bau tak sedap pada mulut seperti petai,jengkol,dan durian
  4. Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya.Jika ingin tetap mengkonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang sangat lama
Saya kira cukup sekian penjelasan mengenai tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa, bila ada yang ingin dipertanyakan silahkan post melalui kolom komentar, dan jika dirasa artikel ini bermanfaat mohon di share yah sobat, semoga ibdah puasa kita menjadi sesuatu yang bermanfaat dan barokah 🙂 aminnn

Sumber

Oke Demikianlah informasi dari idBeritaKu.com. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa