Tips Mudah Cepat Hafal Al-quran Untuk Anak Kecil

918 views
Berakhir 26 Desember 2016

ID Beritaku – Masih di artikel terbaru yang akan saya berikan kepada sobat sekalian yang tentunya sesuai judul diatas. Kali ini IDBeritaku.com akan mencoba berikan info atau artikel mengenai Tips Mudah Cepat Hafal Al-quran Untuk Anak Kecil yang nantinya dapat dilihat langsung info lengkapnya tentunya dibawah ini

Setiap orang tua yang beragama islam pastinya menginginkan anak yang soleh dan bisa pintar mengaji, akan tetapi untuk mendapatkan hal tersebut, anda harus memberikan pelajarang yang rutin dan selalu disiplin untuk mendapatkan hasil yang bagus. Akan tetapi bisa kita lihat pada zaman sekarang banyak sekali orang tua yang hanya mementingkan pendidikan tinggi akan tetapi pendidikan agamanya di kebelakangkan, hal ini biasanya terjadi di kota – kota besar, seperti di Jakarta. Orang tua zaman sekarang sering sekali cepat panas jika tetangganya menyekolahkan anaknya di sekolah yang betarap internasional, memang hal tersebut sangat baik untuk kehidupan masa depannya, akan tetapi jangan di hilangkan pelajaran agamanya sendiri, karena pendidikan agama sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak anda, untuk masa depannya. 
Tips Mudah Cepat Hafal Al-quran Untuk Anak Kecil
Sponsored Ads

Jika anak anda mempunyai tugas di sekolah ataupun anda inisiatif untuk bisa menghafal alquran, hal tersebut bisa dimasukan kedalam ibadah kepada Allah SWT, dengan menghafal alquran kita membacanya berulang – ulang kali. Dan hal itu dangat baik untuk anda, tetapi terkadang menghafal alquran lebih sulit ketimbang menghafal pelajaran yang ada di buku kita. Hal tersebut bisa terjadi karena bahasa yang kita belum kenal atau belum penuh kita kuasai. Adapun cara mudah untuk menghafal alquran bagi yang pemula, cara tersebut harus dilakukan dengan waktu yang tidak mepet atau dengan waktu yang kosong, lalu hafallah alquran dengan ikhlas tanpa ada perintah dari siapapun, dan sebelumnya anda bisa berwudhu dulu untuk mendapatkan barokah dan kesegaran dengan air wudhu tersebut. Nah selengkapnya ada di bawah ini.

1. Membaca Dengan Ikhlas

Ternyata yang pertama adalah membaca alquran dengan ikhlas, hal ini bisa anda terapkan agar kita dapat mudah menyerap semua bacaaan yang ada di dalam alquran tersebut. Banyak sekali orang yang menghafal alquran dengan tidak ikhlas semata – mata agar mendapatkan pahala dari Allah SWT. Atau agar mendapatkan nilai yang bagus dari guru yang memberikan tuganya. Hal tersebut salah, seharusnya kita ikhlas dengan kemauan sendiri. Dan ada bagusnya kita mengetahui arti di balik lapad alquran tersebut, agar kelak bisa di amalkan pada orang yang tidak mengetahui hal tersebut.

2. Memilih Waktu Yang Lowong

Menghafal alquran pasti membuthkan waktu yang cukup lama, oleh karena itu anda harus pintar – pintar membuat jadwal anda sendiri dan sisipkanlah jam untuk menghafal alquran. Tetapi lebih baik menghafalnya sebelum melakukan aktifitas sehari – hari dan yang kedua sebelum anda akan tidur untuk lebih lancanrya. 

3. Lokasi Yang Nyaman

Hal ini juga perlu anda perhatikan karena banyak sekali orang yang tidak teratur menghafalkan sesuatu dan tidak bisa memilih tempat yang nyaman menurutnya saat penghafalan sesuatu. Hal tersebut berlaku juga untuk anak anda, jadi pilihlah tempat yang sunyi jauh dari kebisingan, anda bisa lakukan di kamar anda atau di tempat yang jauh dari keramaian masyarakat di sisi anda. Usahakan tempatnya besih, agar anak anda bisa menyerap materi alquran dengan cepat dan baik.

4. Membca Dengan Aturan Tajwid

Anda juga ketika menghafal alquran harus dengan aturan tajwid panjang pendek dari bacaan alquran itu mempunyai makna yang berbeda, jika anda tidak menggunakan aturan tersebut maka sewaktu – waktu anda bisa salah mengucapkannya dan bisa menjadi sebuah dosa untuk anda. Oleh karena itu gunakanlah aturan alquran tajwid agar bisa mendapatkan hasil yang bagus, dan tahu arti yang sebenarnya, karena kebanyakan orang yang mengajarkan alquran tidak di sertai dengan arti atau juga dengan tajwidnya.

5. Mencoba Memahami Artinya

Cobalah pahami arti dalam sebuah ayat yang anda akan hafalkan, dengan begitu anda bisa tahu apa makna dari ayat tersebut dan anda juga bisa mengontrol bacaannya agar tidak salah saat menghafalnya dan tidak berubah artinya, yang akan menimbulkan dosa untuk anda. Seperti yang dikatakan tadi bahwa ketika membaca alquran anda harus mengetahui artinya, agar tahu arti sebenarnya jika kita membaca sebuah ayat. 

6. Menggunakan Metode Unik
Terkadang seorang anak bisa lebih hafal jika di temani dengan kegiatan atau barang yang dia senangi, oleh karena itu anda sebagai orang tuanya bisa menggunakan metode tersebut, seperti memberikan makanan yang dia sukai ketika akan membaca atau menghafal alquran. Selain itu anda bisa memberikan reward atau hadiah bagi anak anda ketika dia sudah bisa menghafal sebuah surat atau satu ayat. Secara tidak langsung anak tersebut akan senang dan akan lebih semangat mekakukan penghafalan alquran karena sudah di iming – imingi makanan atau sesuatu hal yang dia inginkan serta sukai.

Nah itu tadi beberapa tips untk anda yang ingin menghafal alquran secara fasih dan benar, dengan menghafal alquran secara fasih dan tahu artinya, kepribadian baik akan tertanam secara permanen pada diri anak anda sendiri, dan terlebih lagi untuk anak perempuan bisa membentengi dirinya sendiri, seperti dalam hal berpakaian yang rapih dan sesuai dengan ajarang islam dengan menutup aurat. Hal – hal yang tidak di inginkan pun bisa terhindar seperti sekarang yang sedang hangat – hangatnya di bicarakan pelecehan seksual, pastinya anak anda ingin sekali terhindar dari hal tersebut. Semoga artikel tadi bisa bermanfaat untuk anda, dan terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

SUMBER

Sponsored Ads

Itulah tadi telah kita saksikan artikel mengenai Tips Mudah Cepat Hafal Al-quran Untuk Anak Kecil yang telah ID Beritaku berikan untuk sobat sekalian. dan tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada sumber artikel diatas. Sekian dan terimakasih sudah berkunjung

Sponsored Ads

Topik Populer: