Video PNS Minta Sogokan di Sulawesi

5752 views

Beredar Video bukti nyata BOBROKNYA Aparat Pemerintahan yang diunggah oleh Tabloid Morality, direkam diam-diam oleh seseorang yang tengah mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di sebuah kecamatan di Sulawesi.

Beberapa waktu lalu beredar rekaman video polisi menerima suap dari sopir truk, sekarang ada lagi video lain beredar yang menunjukkan bobroknya aparatur negara. Tabloid Morality, sebuah akun facebook dengan berani mengunggah bukti nyata bobroknya aparat pemerintahan.

Pada video yang diunggah pada Sabtu (03/10) lalu itu, tampak seorang ibu yang memakai seragam pemerintahan sedang menjelaskan panjang lebar kebiasaan di kantor tersebut. Menurut si ibu, untuk mendapat tanda tangan camat, harus menyetor sejumlah uang terlebih dahulu.

Video tersebut direkam diam-diam oleh seseorang yang tengah mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di sebuah kecamatan di Sulawesi. Dengan jelas si ibu mengatakan untuk mengurus perizinan, “Berkas disimpan, uang pun disimpan.”

Tak tanggung-tanggung, bayaran Pak Camat untuk tiap tanda tangan adalah dua juta per tanda tangan setelah dinego. Saat dikejar dengan pertanyaan apakah kalau diberi uang perizinan akan selesai, si ibu kembali berseloroh bahwa Pak Camat tak akan melakukan hal tersebut jika tanpa uang.

Video tersebut menunjukkan praktek suap telah mengakar di kantor-kantor pemerintahan. Tanpa uang, urusan Anda tak akan lancar. Tak mudah memang mengubah praktek yang telah mendarah daging ini, tapi bila semua pihak mau bekerja sama mengubah mental dan pola pikir bobrok demikian, pasti Indonesia akan lebih baik ke depannya.

Topik Populer:

Tags: