Selain Untuk Berhubungan Intim, Ini Lo 3 Fungsi Vagina

1083 views

Beberapa perempuan mungkin menganggap kalau keberadaan vagina hanya sebagai organ reproduksi, padahal masih ada beberapa fungsi vagina yang mungkin belum kamu ketahui.

Ini 3 Fungsi Vagina, Selain Untuk Berhubungan Intim

Jalan untuk mengeluarkan kotoran saat menstruasi

Ini adalah fungsi krusial Miss V bagi perempuan. Bayangkan kalau darah yang meluruh dari dinding rahim nggak bisa keluar? Pastinya akan berbahaya bagi kesehatan reproduksi dan dapat menyebabkan beberapa masalah penyakit. Selain itu, vagina juga berfungsi sebagai jalur keluarnya cairan hasil rangsangan sebagai lubrikasi yang memudahkan saat berhubungan intim.

Saluran untuk memeriksa genital internal

Fungsi kedua dari vagina adalah sebagai saluran untuk memeriksa genital internal, yaitu organ yang berhubungan dengan kelamin dan reproduksi di bagian dalam. Terutama dalam pemeriksaan penyakit.

Jalur persalinan

Sama seperti jalur untuk mengeluarkan kotoran menstruasi, vagina juga berfungsi sebagai jalur mengeluarkan anak. Ketika tubuh siap untuk melahirkan, serviks akan melembut, menipis,  dan mulai membuka. Hal ini memungkinkan janin untuk keluar dari dalam rahim. Fungsi ini terasa jika seorang perempuan melahirkan anaknya dengan proses normal.

Baca Juga :

Tags: