Inilah 7 Tips Mengatasi Wajah Berminyak

890 views
Berakhir 26 Desember 2016

Kulit muka berminyak sangat mengganggu penampilan Anda, dan membuat Anda harus bolak balik ke kamar mandi untuk touch up makeup. Kalau tidak, Anda akan terkejut melihat bayangan Anda yang penuh kilau di wajah bagaikan kilang minyak.

Sponsored Ads



Kulit yang berminyak akan membuat  muka Anda tidak terlihat segar lagi malahan wajah terlihat lebih kusam. Selain masalah kulit menjadi terlihat kusam, masalah lain yang diakibatkan wajah berminyak yaitu komedo dan jerawat. Apabila komedo dan jerawat sudah ada diwajah, wah gawat tuh! penampilanmu juga akan terganggu kan? Umumnya, makeup juga hanya bertahan selama 2 jam saja di pagi hari. Dan pada saat sibuk-sibuknya, Anda malah dibuat khawatir akan penampilan Anda.

Tak perlu putus asa dulu, sebenarnya Anda justru harus bersyukur diberkahi dengan jenis kulit berminyak yang jauh dari kerutan di wajah dan tampak selalu awet muda.

Ikuti 7 tips berikut supaya wajah Anda bebas dari minyak, seperti yang dikutip dari Vemale.com berikut ini:

Sponsored Ads

1. Sebelum Tangan Anda Menyentuh Wajah Pastikan Sudah Bersih
Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor. Dan pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Tangan membawa banyak bakteri yang mudah menyebar ke mana-mana, dan terutama di area wajah. Yang kemudian dapat menyebabkan wajah berjerawat. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu tangan Anda bersih dari bakteri ya.

2. Pakai masker wajah
Jangan asal-asalan memakai masker untuk kulit berminyak Anda. Pilih yang tipenya mineral clay sehingga ramah di kulit serta dapat mengangkat kelebihan minyak dengan maksimal. Selanjutnya Anda juga tak boleh membasuh wajah dengan air hangat. Tetapi sudahi dengan astringent alami seperti irisan mentimun.

Langkah akhir, baru bilas dengan air dingin sehingga kulit terasa lebih segar dan bebas dari minyak.

3. Ikat Rambut Supaya Tidak Jatuh Ke Wajah
Disarankan Anda tidak memilih model poni depan yang justru akan memancing kemunculan kelebihan minyak. Lebih baik hindarkan poni dan anak-anak rambut dari wajah, sehingga wajah menjadi lebih segar dan kelebihan minyak bisa dicegah.

Selain dari kulit, rambut juga seringkali membawa minyak yang dapat membuat minyak di wajah bertambah jumlahnya. Disarankan Anda memakai bandana, jepit atau mengikat ekor kuda saja.

4. Kalau Ada Jerawat Jangan dipencet
Saat ada jerawat yang sedang meradang dan memerah, hindari memencetnya. Memencet akan menyebabkan jerawat semakin parah. Dan minyak di sekitarnya justru akan semakin banyak produksinya. Untuk itu lebih baik pakai obat jerawat yang fungsinya mengeringkan saja, sehingga jerawat tidak meninggalkan bekas luka, serta kulit tetap segar.

5. Memilih makeup khusus
Saat ini banyak kok makeup yang memang khusus diperuntukkan wajah yang berminyak atau sensitif. Untuk itu, lebih baik pilih produk yang khusus untuk kulit berminyak sehingga dapat meminimalisir produksi minyak di wajah. Biasanya produk tersebut juga dilengkapi formula yang dapat mengurangi jumlah minyak. Kekhawatiran Anda jadi berkurang lagi untuk kasus yang satu ini.

6. Sabun khusus
Jangan memakai sabun biasa, tetapi pakailah sabun khusus yang dapat membantu mengurangi kelebihan minyak. Mungkin efeknya tidak langsung seketika, namun dengan pemakaian rutin, maka perlahan kadar minyak di wajah bisa di kontrol jumlahnya.

7. Face paper
Atasi juga dengan oil face paper untuk cara praktis mengurangi kelebihan minyak di wajah. Setidaknya cara ini membantu untuk menjaga makeup lebih awet dalam waktu singkat tanpa Anda harus menghapus dan retouch lagi.

Selain itu, penting untuk Anda memperbanyak minum air mineral serta mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Baca : Beberapa jenis Buah Yang Mengandung Asam Folat

Sponsored Ads