9 Prediksi Fenomena Langit di Tahun 2015

1244 views

9 Prediksi Fenomena Langit Tahun 2015 – Halo kawan, Pada tahun 2014 sudah berlangsung momen astronomis dari mulai hujan meteor, gerhana bulan keseluruhan, sampai komet Siding Spring yang melintas dekat pada planet Mars. Nah kurang lebih apapun momen astronomis yang bakal berlangsung pada tahun 2015 terutama yang bisa disaksikan di Indonesia? Berikut 9 Prediksi Fenomena Langit Tahun 2015 :
prediksifenomena
Sabtu, 21 Maret 2015 – Vernal Equinox

Vernal equinox yaitu waktu di mana Matahari ada di perpotongan ekliptik serta ekuator sebelumnya setelah ada di selatan ekuator. Pada hari ini Matahari pas ada di khatulistiwa hingga panjang siang serta malam di semua belahan bumi pas 12 jam. Ini dapat mengisyaratkan bakal bertukarnya musim hujan dengan musim kemarau di Indonesia. Sedang di belahan bumi utara mengisyaratkan bakal datangnya musim semi serta di belahan bumi selatan mengisyaratkan bakal datangnya musim gugur.

Sabtu, 4 April 2015 – Gerhana Bulan Total

Pada hari ini semua Indonesia kembali bakal melihat gerhana bulan keseluruhan waktu senja. Ini yaitu gerhana bln. pertama dari dua gerhana bulan th. ini. Sayangnya pada gerhana bln. selanjutnya yang berlangsung pada 28 September 2015 tak ada satupun lokasi Indonesia yang bisa melihat. Praktis ini yaitu hanya satu peluang melihat gerhan bln. di Indonesia sepanjang th. 2015. Gerhana bulan hari ini bakal berjalan pada jam 17 : 15 s/d 20 : 45 WIB untuk fase gerhana beberapa. Sedang untuk fase gerhana keseluruhan bakal berjalan pada 18 : 54 s/d 19 : 06 WIB.

Jum’at, 8 Mei 2015 – Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids

Hujan meteor Eta Aquarids berjalan pada tanggal 19 April s/d 28 Mei 2015. Pada puncaknya hari ini diprediksikan bakal tampak sampai 30 meteor setiap jam. Meteor-meteor Eta Aquarids bakal tampak melesat dari arah rasi Aquarius yang ada di arah timur sesudah tengah malam sampai matahari terbit. Tetapi Bulan yang baru meraih fase purnama 4 hari kemarin kemungkinan masih tetap cukup jelas hingga menghambat terlihatnya meteor-meteor redup.

Minggu, 7 Juni 2015 – Elongasi Maksimum Venus

Venus meraih ketinggian maksimum di langit barat waktu senja. Ketinggiannya meraih 45, 4 derajat dari Matahari. Venus tampak juga sebagai bintang putih sangatlah jelas dengan magnitudo -4, 3. Dengan ketinggian maksimum serta sinar sangatlah jelas, Venus pasti sangatlah menawan untuk dilihat. Sesudah hari ini, ketinggian Venus bakal berlangsung-angsung menyusut sampai pada akhirnya ada di segi Matahari hingga tidak tampak pada pertengahan Agustus 2015. Kemudian Venus bakal tampak kembali di langit timur waktu fajar.

Rabu, 1 Juli 2015 – Konjungsi Venus serta Jupiter

Lagi-lagi pada saat senja di langit barat bakal tampak dua bintang jelas sama-sama berdekatan. Kedua bintang itu yaitu ” jelmaan ” dari Venus juga sebagai bintang putih sangatlah jelas bermagnitudo -4, 4 serta Jupiter juga sebagai bintang putih jelas bermagnitudo -1, 8. Keduanya bakal tampak sangatlah dekat dengan jarak seputar 20, 1 menit busur atau cuma seputar 2/3 diamater bulan.

Kamis, 13 Agustus 2015 – Puncak Hujan Meteor Perseids

Inilah hujan meteor paling baik tahun 2015. Puncaknya yang ada di dalam musim kemarau serta Bln. mendekati fase baru bakal bikin langit malam cerah serta gelap gulita hingga meteor-meteor redup sekalipun tampak terang. Diprediksikan Perseids yang terdaftar juga sebagai hujan meteor paling banyak membuahkan fireball ini bakal membuahkan sampai 100 meteor setiap jam waktu puncak. Meteor-meteor Perseids bakal tampak melesat dari arah rasi Perseus yang ada di timur laut sesudah tengah malam sampai mendekati matahari terbit. Hujan meteor Perseids berjalan pada tanggal 17 Juli s/d 24 Agustus 2015.

Kamis, 28 Oktober 2015 – Konjungsi Venus, Jupiter serta Mars

Saat ini 3 planet sekalian, yaitu Venus, Jupiter serta Mars, bakal tampak berdekatan. Venus masih tetap tampak juga sebagai bintang putih sangatlah jelas bermagnitudo -4, 4, Jupiter tampak juga sebagai bintang putih jelas bermagnitudo -1, 8 serta Mars tampak juga sebagai bintang merah jelas bermagnitudo 1, 7. Venus bakal tampak ada di antara Jupiter serta Mars di mana jarak Venus ke kedua planet seputar 2, 5 derajat.

Rabu, 18 November 2015 – Puncak Hujan Meteor Leonids

Hujan meteor Leonids berjalan pada tanggal 10 s/d 23 November 2015. Pada puncaknya hari ini diprediksikan bakal tampak sampai 20 meteor setiap jam. Meteor-meteor Leonids bakal tampak melesat dari arah rasi Leo yang ada di timur sesudah tengah malam sampai mendekati matahari terbit. Bulan yang mendekati fase kuartir awal bakal tenggelam saat sebelum tengah malam hingga akan tidak menggangu penilaian.

Senin, 14 Desember 2015 – Puncak Hujan Meteor Geminids

Geminids yaitu hujan meteor paling akhir pada tahun 2015 yang berjalan pada tanggal 7 s/d 17 Desember 2015. Pada puncaknya hari ini diprediksikan bakal tampak sampai 90 meteor setiap jam. Meteor-meteor Geminids bakal tampak melesat dari arah rasi Gemini yang ada di barat saat awal hari sampai mendekati matahari terbit. Bulan yang tengah fase sabit awal bakal tenggelam saat sebelum tengah malam hingga akan tidak menggangu penilaian.

Topik Populer:

Tags: